Jumat, 09 Maret 2012

setelah operasi katarak

Apa yang harus dilakukan pasien setelah operasi katarak?
pasien berhak meminta rawat inap atau memperoleh surat keterangan sakit setelah operasi katarak, maka cobalah untuk beristirahat.

pasien diperbolehkan membaca dan menonton TV. Olah raga ringan juga diperbolehkan. pasien dapat pergi keluar, tetapi sebaiknya hindari keramaian dan tempat berdebu. Mengenakan kacamata hitam ketika pergi keluar dapat membantu menjaga mata agar tetap nyaman dan mengurangi kepekaan terhadap cahaya.

pasien akan diberi obat tetes mata selama sekitar sebulan untuk mencegah infeksi dan mengurangi resiko inflamasi. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati. Jika perlu, pasien dapat minta anggota keluarga atau teman untuk membantu meneteskan obat tetes mata. Jika keluar rumah, pastikan memiliki akses terhadap fasilitas kebersihan tangan sehingga dapat membersihkan tangan sebelum meneteskan obat tetes mata.

Untuk nyeri ringan, pasien dapat mengkonsumsi obat nyeri. Jika nyeri Anda tidak bisa hilang dengan obat, hubungi dokter mata anda.

Ketika tidur, gunakan pelindung mata yang diberikan paling sedikit selama seminggu sehingga tidak menekan mata yang dioperasi.

Apa yang perlu pasien hindari setelah operasi katarak?
Untuk beberapa hari pertama, pandangan mungkin buram, karena itu berhati-hatilah agar tidak terjatuh atau melukai kepala atau mata, khususnya jika mata yang dioperasi diperban dan mata lainnya juga tidak dapat melihat dengan jelas.

Mengalami berbagai iritasi mata dan keluar cairan mata setelah operasi adalah umum. Namun, selama bulan pertama, hindari menggosok atau memegang mata Anda. Juga hindari debu atau air sabun agar tidak masuk ke dalam mata. Jangan berenang; berendam di kolam air panas, mengunjungi sauna atau spa. Hal ini dikarenakan adanya luka kecil pada mata, dan perlu mencegahnya agar tidak terkontaminasi.

Sekecil apapun lukanya, jangan paksakan diri. Coba untuk tidak membungkuk, membawa barang berat atau melakukan olah raga berat. Tinggalkan lari maraton 10 km untuk beberapa bulan, dan istirahatlah menggendong cucu untuk 2 hingga 3 minggu.

Setelah operasi katarak pasien mungkin merasa bahwa kacamata saat ini tidak lagi sesuai. Hal ini disebabkan oleh berubahnya kekuatan mata karena pembedahan. Biasanya ukuran mata yang dioperasi akan stabil setelah 1 bulan, dimana saat itu pasien dapat mengukur kembali ukuran kacamata.

Hindari mengemudikan mobil atau sepeda motor hingga pasien percaya diri bahwa penglihatannya sudah jelas.

Obat-obatan dan Pola Makan
Untuk beberapa hari pertama, bersihkan mata yang dioperasi dengan cairan pembersih mata steril dan kapas. terus membersihkan mata dengan air matang dan kain kasa bersih.

Mohon gunakan obat tetes mata dan obat-obatan yang diresepkan dokter. Jangan teteskan apapun ke dalam mata selain tetes mata yang diresepkan. Selalu cuci tangan sebelum meneteskan obat tetes mata.

Simpan obat tetes mata anda dan obat-obatan sesuai petunjuk. Jangan simpan obat melebihi petunjuk waktu karena obat mungkin terkontaminasi.

Kocok botol obat tetes mata sebelum digunakan. Tengadahkan kepala Anda ke belakang, lihat ke atas dan tarik kelopak mata bawah. Teteskan hanya SATU tetes ke dalam mata, hindari kontak dengan bulu mata. Tunggu 5 menit sebelum meneteskan obat tetes mata lainnya.

Anda diperbolehkan makan seperti biasa. Tidak ada larangan makanan sesudah operasi katarak. Pola makan yang biasa dapat dilanjutkan.

Kapan pasien bertemu dokter setelah operasi?
pasien perlu kembali ke dokter untuk pemeriksaan mata sehari setelah operasi. Janji temu berikutnya biasanya setelah 1 minggu dan 1 bulan setelah operasi. Tepati semua janji temu anda, bahkan jika anda merasa sehat dan melihat dengan baik.

Kapan pasien perlu menghubungi dokter?
Jangan ragu-ragu untuk menghubungi dokter mata terdekat bila pasien mengalami hal berikut ini:

•Nyeri yang tidak teratasi oleh obat-obatan
•Penglihatan memburuk seketika
•Cairan mata berlebih dari mata yang di operasi
•Timbulnya bayangan atau kilatan secara tiba-tiba

dr Rezaldi Pratama SpM, MKes. dokter mata indonesia - dokter spesialis mata info katarak

21 komentar:

  1. Dokter, Mei 2015 lalu saya operasi evakuasi silikon dan sekaligus operasi katarak Phaco. Setelah 3 minggu kontrol ke dokter retina, dinyatakan retina saya bagus. Tetapi pengelihatan tetap berkabut seperti sebelum operasi. Dikatakan bahwa lensa bagian belakang belum dibersihkan karena untuk tempat menempelkan lensa Phaco, sehingga masih harus dilaser lagi. Apa betul seperti itu dok? Mengapa teman2 yang operasi katarak, sekali operasi langsung pandangan terang, tidak perlu dilaser lagi? Apakah karena ada hubungannya dengan Retina? Bahkan sekarang lensa seperti menggelembung dan terasa seperti pakai soft lens yang kering. Ada apa lagi ini dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bisa melihat ada banyak faktor seperti usia, riwayat gula darah, tensi tinggi, kelemahan saraf mata dll

      Pada kasus ini walaupun lensa katarak sudah dioperasi ternyata capsul tempat lensa dipasang ada kekeruhan sehingga cahaya masih terhalang menuju retina. Tidakan lebih lanjut dilakukan laser kapsul berharap cahaya bisa ditangkap kembali oleh retina

      Kita hanya bisa berusaha dan berharap. Untuk hasil bisa melihat tergantung Tuhan Semesta Alam

      Hikmah dari mata kita yang kabur : terhindari dari segala bentuk maksiat


      Hapus
  2. Dokter, Mei 2015 lalu saya operasi evakuasi silikon dan sekaligus operasi katarak Phaco. Setelah 3 minggu kontrol ke dokter retina, dinyatakan retina saya bagus. Tetapi pengelihatan tetap berkabut seperti sebelum operasi. Dikatakan bahwa lensa bagian belakang belum dibersihkan karena untuk tempat menempelkan lensa Phaco, sehingga masih harus dilaser lagi. Apa betul seperti itu dok? Mengapa teman2 yang operasi katarak, sekali operasi langsung pandangan terang, tidak perlu dilaser lagi? Apakah karena ada hubungannya dengan Retina? Bahkan sekarang lensa seperti menggelembung dan terasa seperti pakai soft lens yang kering. Ada apa lagi ini dok?

    BalasHapus
  3. Selamat malam Dokter, saya ada pertanyaan. Saya sudah seminggu operasi katarak, tapi kenapa sampai sekarang mata terasa ada yang mengganjal dan penglihatan masih buram. Apakah hal itu normal? Dan kalau tidak,perlu diberikan obat apa ya Dok? Terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada kasus setelah operasi katarak namun penglihatan kurang jelas dan mata seperti mengganjal. Biasanya disebebkan karena saraf mata yang lemah dan kondisi air mata tidak seimbang

      Perhatikan istirahat yang cukup, tidur sebelum jam 22:00 lampu dimatikan (hormon melatonin) hormon istirahat tidak ada gantinya

      Minum air putih yang cukup perhatikan warna air seni kita selalu jernih

      Makan yang seimbang, berhenti makan sebelum kenyang. Berat badan maximal rumus = tinggi badan dikurang 100. Tabel BMI pertahankan selalu didaerah hijau

      Lagu wajib disana senang disini senang kondisi tenang jiwa. Selalu bersabar dan bersyukur

      Jaga kebersihan, prilaku sexual seimbang sesuai norma agama

      Selalu berdoa untuk kesehatan bersama

      Hapus
  4. selamat sore dok, saya ada pertanyaan. Ibu saya kurang lebih 2 minggu operasi katarak. pasca opaerasi mata nya masih buram dan setelah kurang satu minggu penglihatan mulai jelas tapi kenapa sekarang malah matanya jadi merah (seperti iritasi) buram dan sakit skitar alis, hidung dan dekat pipi?? Apakah boleh menggunakan kembali obat tetes yang di berikan dr. Dan apa yang harus Ibu saya lakukan ??

    BalasHapus
  5. selamat sore dok, saya ada pertanyaan. Ibu saya kurang lebih 2 minggu operasi katarak. pasca opaerasi mata nya masih buram dan setelah kurang satu minggu penglihatan mulai jelas tapi kenapa sekarang malah matanya jadi merah (seperti iritasi) buram dan sakit skitar alis, hidung dan dekat pipi?? Apakah boleh menggunakan kembali obat tetes yang di berikan dr. Dan apa yang harus Ibu saya lakukan ??

    BalasHapus
  6. selamat sore dok, saya ada pertanyaan. Ibu saya kurang lebih 2 minggu operasi katarak. pasca opaerasi mata nya masih buram dan setelah kurang satu minggu penglihatan mulai jelas tapi kenapa sekarang malah matanya jadi merah (seperti iritasi) buram dan sakit skitar alis, hidung dan dekat pipi?? Apakah boleh menggunakan kembali obat tetes yang di berikan dr. Dan apa yang harus Ibu saya lakukan ??

    BalasHapus
  7. selamat sore dok, saya ada pertanyaan. Ibu saya kurang lebih 2 minggu operasi katarak. pasca opaerasi mata nya masih buram dan setelah kurang satu minggu penglihatan mulai jelas tapi kenapa sekarang malah matanya jadi merah (seperti iritasi) buram dan sakit skitar alis, hidung dan dekat pipi?? Apakah boleh menggunakan kembali obat tetes yang di berikan dr. Dan apa yang harus Ibu saya lakukan ??

    BalasHapus
  8. Dokter bukan si bikin artikel ga ada jawaban dr pertanyaan pengunjung.mending ga usah bikin blog

    BalasHapus
  9. Dokter bukan si bikin artikel ga ada jawaban dr pertanyaan pengunjung.mending ga usah bikin blog

    BalasHapus
  10. Selamat siang dok saya mau tny bpk sya pasca operasi katarak 4hr y lalu kenapa penglihatan ny masih buram kenapa za dok..mohon penjelasan ny mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kondisi saraf matanya lemah sehingga cahaya yang sudah sampai di retina tidak dapat mencapai otak untuk menjadi gambar.

      Ibaratnya kita beli TV baru saat di rumah kabel antenenya bermasalah

      Hapus
  11. Slmt siang dok,ibu z post operasi katarak sdh skitr 5 bln (operasi februari awal,tahun 2018) tetapi stlh 2 bln post operasi ibu sering mgeluh sakit pada matax yg post operasi sblh kiri dn pernh merah dan akhirx konsultasi pd doktrx kmbli dn dberikan tts mata ttpi stlh 1 bln pd awal april nyeri hebat sampai mmbuat ibu z hampir pingsan dn dilarikn keRS dn dirawat slm 1 mggu sesampaix dRS dtnsi TD naik smpai 160/100mmhg,padahal ibu z riwayat hipotensi (90/70 -100/70).
    Sampai skrg sdh msk bln juli msh mengeluh sering sakit ttpi sllu konsul kedoktr dn minum antibiotik dn pnekan rasa sakit dn anti alergi. Pd saat in ibu z msh mgeluh sering muncul rs sakit/nyeri yg hebat pada matax itu. Yg ingin z tanyakan dok knpa sampai brkpnjgn nyeri pd mata ibu z dan penangananx hrs bgmn?
    Mohon petunjukx dok... Trimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada kasus ini kadang sering terjadi. Setelah operasi katarak cahaya mulai masuk menuju retina. Tekanan bola mata bisa meningkat. Hindari beban angkat maximal setelah operasi katarak 5kg.

      Banyak makan sayur dan buah. Agar BAB lancar dan ikur tekanan bola mata secara teratur

      Hapus
  12. Selamat malam dokter. 2minggu yg lalu.bapak saya operasi katarak matayg sebelah kiri,ini adalah operasi yg kedua.setelah operasi yg pertama 4tahun yg lalu.operasi yg kedua ini dilakukan karena.bapak saya mengeluh.penglihatannya gk jelas.dan terasa ada yg mengganjal.setelah kedokter mata dan di periksa.ternyata lensanya jatuh ke retina. Saran dokter untuk di angkat dgn cara operasi lagi. Dilakukanlah operasi katarak yg kedua. 2minggu yg lalu,tapi lensa lama yg jatuh tdk di angkat ataw di keluarkan. Alasannya karena kalau itu di lakukan resikonya besar,mengingat umur bapak saya sdh 75 tahun. Akhirnya di lakukan operasi dgn hanya menaruh lensa lagi. Yg ingin saya tanyakan. Apakah tidk akan ada masalah dgn lensa yg jatuh keretina itu tdk di angkat ataw di keluarkan. Karena keluhan bapak saya. Dia merasa ada yg mengganjal di matanya. Dan penglihatannya juga blm ada kemajuan. Mohon penjelasan dan jawabannya dokter.sekian trimakasih.l

    BalasHapus
    Balasan
    1. lensa yang jatuh ke retina disebabkan karena tempat penyanggah lensa yang lemah faktor usia sangat menentukan

      Kondisi tersebut masih aman tinggal periksa rutin tekanan bola matanya. Obat obat akan disesuikan dengan kondisi matanya

      Hapus
  13. Selamat siang dr..suami saya operasi katarak mata kiri stu bulan yg lalu..satu mgu setelah operasi suami skit kepala sampai saya bawa ke igd dah dirawat selama 3hari..dg kontrol ke dr mata.dr tht.dr syaraf.. tp smua di bilang baik baik..sampe swkarang dirmh suami saya masih mengeluh kepala nya sakit..kira kira solusi apa yg baik dah saya harus ke dr apa... trimakasih

    BalasHapus
  14. kemungkinan besar tekanan bola matanya meningkat. Bila dengan obat obat biasa masih ada keluhan sebaiknya di periksa ke dokter mata bagian glaukoma untuk penatalaksanaan lebih lanjut

    BalasHapus